MENGENAL LEBIH DALAM POLI GIGI PADA PUSKESMAS PRINGAPUS

Puskesmas Pringapus

Puskesmas Pringapus adalah salah satu Puskesmas yang berada di Jalan Hanggowicono No.5 Ngabean, Pringapus, Kec. Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50214 . Aku ingin sedikit menjelaskan mengenai Puskesmas Pringapus karena aku memiliki pengalaman Praktek Kerja Lapangan di Puskesmas Pringapus bersama 5 temanku.


Puskesmas Pringapus memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, hanya saja Puskesmas Pringapus kekurangan lahan untuk parkir  pasien. Untuk suasana di Puskesmas Pringapus terbilang sejuk, ruangan didalamnya juga bersih dan nyaman. dokter, perawat, bidan, apoteker, dan semua karyawan disana ramah-ramah semua, tidak sungkan sungkan mereka mengajak kami para mahasiswa praktek untuk mengobrol. Khususnya paada Poli gigi, di poli gigi Puskesmas Pringapus ini ada 2 perawat gigi tetapi yang selalu berjaga di Poli hanya 1 saja, yaitu Bu Win. Poli gigi di Puskesmas Pringapus ini sendiri memiliki ruangan yang cukup luas, memiliki 2 dental chair unit, memiliki peralatan yang komplit dan selalu bersih, didalam ruangannya juga banyak terdpat poster poster mengenai keehatan gigi dan mulut dari cara menjaga kesehatan, cara sikat gigi yang baik dan benar, cara mengatasi gigi berlubang, dan masih banyak lagi lainnya. 



Bu Win sendiri, beliau sangat baik sekali kepada kami, beliau mau mengajarkan kami ilmu ilmu yang mungkin kami masih belum pham, dan mau mengajari kami dengan turun tangan langsung, maklum aku dan teman temanku adalah mahasiswa cocid-19 yang tidak pernah praktek langsung jadi kami hanya bisa teorinya saja tetapi kami kurang pengalaman dalam turun langsung ke pasien, tetapi disini aku dan teman temanku belajar sampai akhirnya kami berani untuk melakukan tindakan salah satunya mencabut gigi susu, pertama kali mencabut gigi susu dengan drama si adik yang takut dan nangis terus apalagi disuruh buka mulut, susah bangett hihii. Selain itu beliau juga sering mentraktir kami makan dan mengajak kami main.

pengalaman selama aku praktek di Puseksmas Pringapus membuatku menjadi tahu banyak hal yang sebelumnya aku belum tahu, seperi mencabut gigi dan mengatasi anak yang tidak kooperatif. Selain kami praktek di Poli Gigi, kami juga diajak berangkat untuk kegiatan ke sekolah juga ke masyarakat, seperti cek gula di sekolah dan posyandu 


Untuk semua pengalaman yang aku terima, aku ingin mengucapkan Terima Kasih untuk semua yang terlibat di Puskesmas Pringapus Khususnya bu Win dan bu Ulfa sebagai pembimbing saya selama 3 minggu PKL di Puskesmas Pringapus.


Komentar